Salah satu sanggar yang ada di kuningan. Sanggar ini merupakan yang memfokuskan untuk anak didiknya mempunyai bakat tari. Banyak tarian yang diajarkan di sanggar ini. Selain tarian, disini juga diajarkan musik gamelan, sinden, dll. Sanggar ini sudah dipercaya untuk mengiring upacara adat, biasanya untuk diacara pernikahan

Selasa, 07 Januari 2020

BUSANA PENARI TARI PIRING

Busana Penari Tari Piring

busana penari tari piring

Sama halnya dengan tarian tradisional lainnya di mana tari piring ini juga memiliki busana khas pada saat pementasan. Busana yang digunakan ketika pertunjukan tarian tradisional tersebut terbagi menjadi dua jenis yang pertama adalah busana penari untuk pria dan juga busana penari untuk wanita.
Meskipun terbagi menjadi 2 namun busana yang dikenakan tetap terlihat seragam dan kompak. Berikut ini ialah penjelasan dari busana tari piring:

     ·       Busana Tari Piring Untuk Penari Pria

Untuk kostum yang dipakai oleh para penari pria mempunyai ciri yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan busana penari wanita. Meskipun berbeda tetap saja pertanda tersebut merupakan busana asli dari provinsi Sumatera barat.Sehingga mereka pun akan terlihat memiliki penampilan yang kompak meskipun model dari kostum yang mereka kenakan berbeda.Untuk kostum bagi para penari pria memiliki nama busana Rang Mudo, dimana kosan tersebut mempunyai lengan yang panjang dan juga terdapat hiasan missia yang juga dapat disebut dengan hiasan renda emas.
Busana Tari Piring Untuk Penari Pria

Untuk celana yang digunakan penari pria memiliki sebutan besaran gelombang. Di mana celana ini memiliki ukuran yang cukup besar di bagian tengah dan yang pasti mempunyai warna selaras dengan baju atasan. Para penari pria ini nantinya akan mengenakan sisampek dan juga cawek pinggang, bentuknya hampir sama seperti kain songket yang diikatkan pada bagian pinggang.
Kain ini cukup panjang karena panjangnya mencapai lutut. Sisampek dan juga cewek pinggang memiliki hiasan pada bagian ujung berupa rumbai-rumbai. Ketika mementaskan tari piring penari pria harus mengenakan destar. Daster sendiri ialah penutup kepala yang terbuat dari kain songket yang memiliki bentuk segitiga.

     ·       Kostum Tari Piring Bagi Penari Wanita
   
Baju karung ialah kostum yang akan digunakan para penari wanita, dimana baju karung ini akan menggunakan kain satin dan juga beludru sebagai bahan utama.
Tak hanya itu saja penari wanita pun harus memakai selendang yang terbuat dari kain songket menjadi hiasan di mana senam tersebut akan diletakkan di bagian kiri tubuh.
Para penari wanita pun juga mengenakan penutup kepalayang terbuat dari kain songket dimana bentuk obat tersebut memiliki bentuk yang hampir mirip dengan tanduk. 
Penutup kepala tersebut memiliki julukan tikuluak tanduak balapak.


kostum tari piring bagi penari wanita

Selain itu para penari wanita juga harus menggunakan kalung rumbai, kemudian menggunakan kalung gadang, menggunakan subang atau bisa disebut dengan anting-anting.Intinya ialah, tarian ini merupakan tarian tradisional asli dari Tanah Minangkabau di Provinsi Sumatera Barat.
Alat yang digunakan pada tarian ini ialah piring di mana para penari terdiri dari penari pria dan juga wanita dengan busana khas Minangkabau. Yang mana terdapat kurang lebih 12 gerakan pada tarian tersebut.







Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

TATA RIAS, KOSTUM, dan PENGIRING TARI JAIPONG

1. Tata Rias Tata rias yang digunakan untuk wajah tidak terlalu mencolok namun yang membuat mencolok yaitu mengenakan kebaya w...