Salah satu sanggar yang ada di kuningan. Sanggar ini merupakan yang memfokuskan untuk anak didiknya mempunyai bakat tari. Banyak tarian yang diajarkan di sanggar ini. Selain tarian, disini juga diajarkan musik gamelan, sinden, dll. Sanggar ini sudah dipercaya untuk mengiring upacara adat, biasanya untuk diacara pernikahan

Senin, 20 Januari 2020

PROPERTI TARI MERAK

                                     PROPERTI TARI MERAK
1 Mahkota : Merupakan properti yang digunakan pada kepala para penari. Mahkota ini juga kerap disebut dengan istilah siger.
2 Garuda Mungkur:  sebuah hiasan yang dikenakan pada kepala bagian belakang yang berbentuk menyerupai kepala burung merak.
3 Sesuping: Bagian dari kostum yang berfungsi sebagai hiasan di telinga para penari.
4 Apok : kain yang dikenakan melingkar di bawah leher dan menutupi dada penari.
5 Baju Atas : Baju atas atau penutup dada properti tarian merak hampir mirip dengan kemben. Bedanya adalah corak serta warna yang dibuat sedemikian menyerupai bulu burung merak.
6 Sayap : Sayap merupakan kain menyerupai selendang yang berguna untuk mendeskripsikan bahwa pakaian tersebut merupakan kostum yang menggambarkan burung merak.
7 Sabuk:  kain yang berfungsi sebagai ikat pinggang serta mengencangkan busana merak.
8 SampurHiasan : yang terbuat dari bahan tisue menyerupai bulu merak.
9 Kilat Bahu:  sebuah gelang yang dikenakan pada bagian bahu sebagai hiasan.
10 Gelang :  Jika kilat bahu dikenakan pada bahu para penari, maka gelang dikenakan pada pergelangan tangan dan biasa berbentuk lingkaran berwarna-warni senada dengan kostum yang dikenakan.
11 Rok: Rok merupakan bagian bawahan dari kostum merak yang sangat identik dengan corak serta warna burung merak berwarna-warna
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

TATA RIAS, KOSTUM, dan PENGIRING TARI JAIPONG

1. Tata Rias Tata rias yang digunakan untuk wajah tidak terlalu mencolok namun yang membuat mencolok yaitu mengenakan kebaya w...