Salah satu sanggar yang ada di kuningan. Sanggar ini merupakan yang memfokuskan untuk anak didiknya mempunyai bakat tari. Banyak tarian yang diajarkan di sanggar ini. Selain tarian, disini juga diajarkan musik gamelan, sinden, dll. Sanggar ini sudah dipercaya untuk mengiring upacara adat, biasanya untuk diacara pernikahan

Selasa, 07 Januari 2020

KARAKTERISTIK TARI KECAK


Karakteristik Tari Kecak

Tari Kecak Uluwatu Bali


Karakteristik Tari ini terdiri dari gerakan tariannya, pakaian yang digunakan, music yang turut mengiringi tarian tersebut.Nah, berikut ini beberapa karakteristik Tari Kecak khas daerah Bali yang harus Anda ketahui:


·       Gerakan Adegan Tari Kecak
Selain tari Kecak memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri, Tari Kecak ini juga memiliki beberapa adegan. Pada adegan pertama ini menceritakan tentang Shinta ketika di culik oleh Rahwana. Yang bertepatan pada saat itu Rama sedang berburu ke Hutan.Pada adegan yang kedua ini menceritakan tentang seekor burung garuda yang berusaha untuk menolong Dewi Shinta.

Meski pada akhirnya burung tersebut gagal, karena sayapnya putus di tembak oleh Rahwana. Pada adegan ketiga, Tarian Kecak ini menceritakan tentang Rama dan Laksmana yang tersesat di hutan.

Gerakan & Kostum Tari Kecak

Kemudian Rama meminta bantuan Hanoman untuk menyelamatkan Dewi Shinta dari Rahwana. Pada adegan ke empat, menceritakan tentang Hanoman yang membakar kerajaan Alengka Pura. Lalu, Hanoman memberitahu Dewi Shinta agar tetap tenang dan menunggu pertolongan dari Rama.
Jika diambil secara garis besar, adegan-adegan yang ada pada Tarian Kecak ini menceritakan tentang Rama yang berusaha menyelamatkan Shinta dari culikan 
Rahwana.
     
·        Iringan Tarian   
Tari Kecak memang sangat unik dibandingkan degan tarian lainnya. jika pada tari tradisional pada umumnya, setiap gerakannya diiringi dengan alunan music. Namun, Tarian kecak ini sama sekali tidak di iringi dengan alunan music apapun.
Karena, selama tarian Kecak ini dipertunjukkan, hanya diiringi dengan teriakan “Cak-cak-acak” dari penarinya secara bersama. Sehingga suara yang khas turut mengiringi tarian ini. Suara yang dihasilkan oleh penari sekitar  50-70 orang ini sangat keras dan lantang.

Tak hanya itu, ornamen yang digunakan penari pada kakinya ini juga menghasilkan suara yang unik. Sehingga seperti di iringi dengan music. Suasana khas tarian Kecak ini semakin terasa dengan gerakan-gerakan kedua tangan penari yang diangkat serta suara “cak-cak-cak” secara bersamaan.
     
·        Kostum Dan Tata Rias Tari Kecak
Karakteristik Tari Kecak yang selanjutnya yaitu kostum dan tata rias yang digunakan oleh penarinya. Pakaian yang digunakan oleh penari yaitu menggunakan pakaian adat khas Bali. Uniknya, pakaian yang digunakan hanya bawahan berubah sarung kotak-kotak hitam putih, sehingga penari laki-laki ini bertelanjang dada.

Tari Kecak Sahadewa Batubulan

Tak ketinggalan juga menggunakan gelang pada kaki yang bisa berbunyi ketika kaki bergerak. Berbeda halnya dengan pemain yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Rahwana, Dewi Shinta, Hanoman dan lain-lain. Mereka menggunakan pakaian dan make up sesuai dengan tokoh yang dimainkan.

·        Ornamen dan Properti Panggung
Karakteristik yang selanjutnya yaitu ornamen dan properti panggung yang digunakan. Apalagi tarian ini memiliki berbagai atraksi sakral, sehingga kesan mistis semakin terasa. Arti nama dari Tari Kecak yaitu tarian api, sehingga tak heran jika di pertunjukkan tarian ini dilengkapi dengan property bara api.

Harga Tiket Pementasan Tarian Kecak Di Uluwatu

Jangan heran ketika tarian ini dimulai, suasana mistis akan semakin terasa. Apalagi ketika bara api dinyalakan. Suasana semakin terasa mistis ketika bara api ini di injak-injak oleh para penari tanpa ada satupun yang terluka.

·        Setting Pertunjukan    
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Tari ini dimainkan oleh laki-laki yang berjumlah 50-70. Tarian ini di setting dengan membentuk lingkaran sempurna. Nantinya beberapa orang yang berperan menjadi tokoh-tokoh Ramayana menampilkan perannya di tengah-tengah penari kecak.
Suasana Tari Kecak akan terasa lebih mistis, sakral dan religious dengan tambahan bara api. Pertunjukannya diadakan pada arena yang sangat luas. Mengingat tarian ini dilakukan oleh puluhan orang, belum lagi pengunjung yang sangat banyak.
Biasanya, Tari tradisional ini diadakan di tempat yang luas seperti Pura Uluwatu Bali, Garuda Wisnu Kencana dan tempat lainnya yang luas.











Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

TATA RIAS, KOSTUM, dan PENGIRING TARI JAIPONG

1. Tata Rias Tata rias yang digunakan untuk wajah tidak terlalu mencolok namun yang membuat mencolok yaitu mengenakan kebaya w...