Salah satu sanggar yang ada di kuningan. Sanggar ini merupakan yang memfokuskan untuk anak didiknya mempunyai bakat tari. Banyak tarian yang diajarkan di sanggar ini. Selain tarian, disini juga diajarkan musik gamelan, sinden, dll. Sanggar ini sudah dipercaya untuk mengiring upacara adat, biasanya untuk diacara pernikahan

Senin, 20 Januari 2020

Keunikan Tari Merak

Keunikan Tari Merak

Setelah mengetahui secara singkat mengenai penjelasan tari merak, kita juga harus tahu keunikan-keunikan yang melatarbelakangi tarian ini. Keunikan tarian yang akhirnya menciptakan daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Apa saja keunikannya? Ini dia :
Kostum yang digunakan oleh para penari sangat indah dan benar-benar menggambarkan buruk merak. Bajunya dibuat seperi bulu merak yang indah dan berwarna-warni, lengkap dengan sayap dan mahkota menyerupai kepala burung.
Cerita kehidupan burung merak yang digambarkan melalui setiap gerakannya. Gerakan burung merak jantan dan betina pun berbeda. Burung merak jantan mempelihatkan keindahan bulu ekornya pasa saat menarik burung betina.
Tarian dilakukan berpasangan dan menceritakan tentang seekor burung merak yang ingin menarik perhatian burung merak betina.
Musik pengiring tarian ini adalah iringan gendingdari lagu Macan Ucul.
Bonang akan dipukul sampai terdengar keras pada setiap bagian gerakan yang menggambarkan sepasang merak sedang bermesraan.
Meski tarian ini lahir dan besar di Jawa Barat, tetapi taran ini sudah terkenal hingga ke mancanega. Hal tersebut juga yang sepertinya mendasari para mahasiswa di Denpasar serta seniman Bali lainnya untuk menciptakan tari Manuk Rawa yang memiliki konsep hampir sama dengan tari merak ini
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

TATA RIAS, KOSTUM, dan PENGIRING TARI JAIPONG

1. Tata Rias Tata rias yang digunakan untuk wajah tidak terlalu mencolok namun yang membuat mencolok yaitu mengenakan kebaya w...