Salah satu sanggar yang ada di kuningan. Sanggar ini merupakan yang memfokuskan untuk anak didiknya mempunyai bakat tari. Banyak tarian yang diajarkan di sanggar ini. Selain tarian, disini juga diajarkan musik gamelan, sinden, dll. Sanggar ini sudah dipercaya untuk mengiring upacara adat, biasanya untuk diacara pernikahan

Senin, 20 Januari 2020

Properti Tari Jaipong


Properti Tari Jaipong
Pengertian Properti Tari
        Dalam seni tari, properti adalah semua perlengkapan yang dipakai untuk kebutuhan penampilan koreografi atau tatanan tari. Jadi, penggunaan properti dalam suatu tarian disesuaikan dengan kebutuhan koreografi. Properti itu juga berkaitan dengan tema dan gerak sebagai media ungkap. Properti tari dapat berupa benda kecil sampai benda-benda besar.

       Jadi, properti bisa juga diartikan sebagai semua perlengkapan yang digunakan, dipegang, dimanfaatkan, atau dipakai dan dimainkan oleh para penari. Properti tari yang paling umum digunakan, seperti kipas, sapu tangan, keris, tombak, pedang, gada, lawung, dan lain sebagainya.
Properti Tari Jaipong
       Properti utama dalam Tari Jaipong adalah Sampur. Sampur adalah kain panjang yang menjadi properti utama dalam Tari Jaipong. Sampur sering juga disebut dengan selendang yang akan dikenakan pada leher penari. Keberadaan sampur dalam Tari Jaipong sangat penting karena menjadi properti yang ikut dimainkan dalam gerakan tari mulai dari pembukaan sampai akhir. 

      Mengenai properti tari Jaipong, hati-hati ada banyak referensi di internet yang memberikan informasi keliru. Ada yang mengulas bahwa properti Tari Jaipong adalah Sinjang, Apok, dan Sampur. Padahal, Sinjang dan Apok termasuk ke dalam kostum penari Jaipong, bukan properti. Sepertinya di sini terdapat kesalahpahaman dalam memaknai pengertian dari properti tari. 

Jadi, properti Tari Jaipong yang benar adalah Sampur.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

TATA RIAS, KOSTUM, dan PENGIRING TARI JAIPONG

1. Tata Rias Tata rias yang digunakan untuk wajah tidak terlalu mencolok namun yang membuat mencolok yaitu mengenakan kebaya w...