Salah satu sanggar yang ada di kuningan. Sanggar ini merupakan yang memfokuskan untuk anak didiknya mempunyai bakat tari. Banyak tarian yang diajarkan di sanggar ini. Selain tarian, disini juga diajarkan musik gamelan, sinden, dll. Sanggar ini sudah dipercaya untuk mengiring upacara adat, biasanya untuk diacara pernikahan

Rabu, 15 Januari 2020

FAKTA TENTANG TARI SAMAN

FAKTA TENTANG TARI SAMAN

Ribuan penari tampil pada pagelaran tari tradisional Saman massal di Stadion Seribu Bukit, Blang Kejeren, Gayo Lues, Aceh, Minggu (13/8/2017). Pagelaran Tari Saman itu memecahkan rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia ( MURI) dengan jumlah penari terbanyak di dunia, yakni 12.262 orang yang berasal dari berbagai komponen masyarakat.

Tari saman adalah salah satu dari sekian banyak kekayaan tradisi bangsa Indonesia yang asalnya dari tanah Gayo adalah di Aceh. Beberapa ini MURI memberikan penghargaannya atas rekor jumlah penari saman terbanyak, adalah 12.262 orang penari. Kali adalah penggelaran tari saman massal yang ke dua sesudah sebelumnya pada tahun 2011 dengan jumlah penari 5.054 orang.

Dengan menerapkan kain yang bermotif khas Kerawang Gayo, para penari melaksanakan tariannya dengan cantik serta kompak dalam meniru tempo tarian yang berubah-ubah, sehingga mengunddang decak terkagum banyak orang yang menontonnya.

Akhir-akhir fakta menarik perihal tari saman dapat anda jumpai sebagai berikut, ada hal-hal menarik berhubungan dengan tari saman diantarannya sebagai berikut.

1. Tari Saman Sering Disamakan dengan Tari Ratoeh Datuk

Untuk beberapa orang, tari saman acap kali dianggap sama dengan Tari Ratoeh Datuk. Faktanya, kedua tari ini sangatlah berbeda. Perbedaannya dapat dipandang pada penarinya, tari saman dilaksanakan oleh penari pria dengan jumlah yang ganjil, walaupun tari ratoeh datuk dilaksanakan oleh para penari perempuan dengan jumlah yang genap

Perbedaan lainnya yang dapat ditemukan adalah pada segi bajunya, tari saman menerapkan pakaian kantong yang bermotif, walaupun tari ratoeh datuk menerapkan pakaian yang polos dipadukan bersaman songket Aceh.

Mulanya bahasanya dipahami lebih dalam lagi tari ratoeh datuk menerapkan bahasa Aceh, sementara tari saman menerapkan syair dalam bahasa Gayo.

2. Berfungsi Sebagai Media Berdakwah

Mulanya dipandang dari sudut pandang sejarah, tari saman telah ada sejak abad ke-13 kemudian dikembangkan kembali oleh Syekh Saman. Beberapa, tari saman ini dipakai sebagai media untuk menyebar luaskan agama Islam juga memberikan bimbingan, pengajaran, dan mengajarkan perihal kebersamaan juga kekompakan. 

Seiring berkembangnya zaman kini tari zaman telah mempunyai fungsi yang lebih luas lagi, adalah menjadi kancah pertunjukkan hiburan yang menjadi salah satu kekayaan tradisi di Indonesia.

3. Milik Aceh untuk Dunia  

Gubernur asal Aceh adalah Irwandi Yusuf, mengucapkan bahwa tari saman milik Aceh untuk diperlihatkan kepada Dunia. juga mengatakan bahwa tari saman adalah milik dunia yang disusun oleh Gayo Lues, bukan Aceh secara keseluruhan.

4. Diakui UNESCO Sebagai Salah Satu Warisan Dunia

Terdapat 4 skor yang seharusnya dimiliki sekiranya suatu kebudayaan ingin diakui sebagai warisan oleh UNESCO, adalah adalah keunikan, keabsahan, adanya skor filosofi yang bersifat universal, juga kekuatan tular ke masyarakat.

Salah satu dari kebudayaan Indonesia yang mempunyai keempat hal ini adalah tari saman. Akhir-akhir tradisi lainnya milik Indonesia yang telah diakui juga oleh UNESCO diantaranya adalah adalah wayang, batik, keris, dan juga seni angklung.

5. Apakah Anda Telah Menonton Tari Saman?

Foto-foto yang beredar di dunia online mengenai tari saman yang ditarikan oleh wanita sebenarnya adalah tari ratoh duek yang mempunyai arti duduk berbincang-bincang atau juga disebut Keith Howard. Seandainya diperhatikan dari elemen katanya Ratoh sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah Rateb adalah pujuan-kebanggaan terhadap Allah SWT melewati doa-doa yang diiramakan atau dibunyikan.

Sementara kata duek berasal dari dari bahasa Aceh sendiri yang artinya duduk. Umumnya tari ini digelar pada acara syukuran, pernikahan, naik haji, serta acara besar mengenai keagamaan lainnya.

Oleh sebab itu sedangkan tari saman sudah ditetapkan UNESCO menjadi salah satu daftar Representatif Kultur Takbenda Warisan Manusia tepatnya pada tanggal 24 November 2011. Masih belum banyak yang dapat membedakan antara Tari Ratoh Duek dengan Tari Saman. Seandainya diperhatikan perbedaan paling mencolok antara dua tari ada pada penarinya.

Tari saman cuma dilaksanakan oleh pemain pria, sementara tari ratoh duek dilaksanakan oleh para penari perempuan. Perbedaan lainnya yang dapat diperhatikan adalah pada lirik yang diberikan dari masing-masing tari. Tari saman memberikan lirik lagu menerapkan bahasa Gayo, sementara dari tari ratoh duekk diiringi oleh lagu berbasa Aceh.

Juga tari saman tak dibarengi dengan musik tradisional alainnya, lain halnya dengan tari ratoh duek yang dikombinasikan dengan alunan alat musik adalah Rapai. Beda dari kedua tari ini disebabkan tari saman aslinya berasal dari daerah Gayo, suku ini mempunyai tradisi, adat, bahasa yang berbeda dengan suku Aceh.

Tari saman juga disebut juga dengan nama Saman Gayo adalah di Aceh komponen Tengah dan Tenggara, kemudian sebutan Saman Lokop pada Aceh komponen Timur. Kecuali dari tari saman, suku Gayo juga populer dengan seni bertuturnya yang awam disebut Didong.

6. Pelarangan Tari Saman

Seandainya saat ini tari saman populer dan terkenal di kancah internasional adalah dengan sebutan nama tangan seribu, rupanya pada zaman belanda tarian ini pernah sempat dilarang sebab terdapat elemen magis didalamnya yang mampu menyesatkan orang.

Namun larangan tersebut tak diberikan respon dari rakyat Aceh yang terus melakukan dan melestarikan tarian saman ini. Tari saman didirikan serta dimaksimalkan oleh seorang ulama besar yang berasal dari Suku Gayo itu sendiri adalah Syekh Saman. Agar memudahkan untuk berdakwah Syeikh Saman belajar tarian Melayu Kuno dan memodifikasinya kembali dengan menambahkan syair dakwah islam yang dibarengi dengan tarian saman ini.





































Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

TATA RIAS, KOSTUM, dan PENGIRING TARI JAIPONG

1. Tata Rias Tata rias yang digunakan untuk wajah tidak terlalu mencolok namun yang membuat mencolok yaitu mengenakan kebaya w...