Salah satu sanggar yang ada di kuningan. Sanggar ini merupakan yang memfokuskan untuk anak didiknya mempunyai bakat tari. Banyak tarian yang diajarkan di sanggar ini. Selain tarian, disini juga diajarkan musik gamelan, sinden, dll. Sanggar ini sudah dipercaya untuk mengiring upacara adat, biasanya untuk diacara pernikahan

Rabu, 15 Januari 2020

SEJARAH, PENDIRI, DAN MAKNA TARI SAMAN

SEJARAH DAN ASAL USUL TARI SAMAN

Tari Saman, Foto: topindonesiaholidays.com


Tari saman yaitu tarian asal suku hayo yang ada di Aceh. Tari saman ini mulai dimaksimalkan mulai dari abad ke 14 oleh seorang ulama besar yang bernama Syekh Saman. Awalnya tarian ini cuma sekadar permainan rakyat yang sebelumnya diberikan nama Pok Ane.


Kemudian kebudayaan Islampun masuk ke tempat Gayo sehingga dua kultur ini berakulturasi, dan menyebabkana perubahan mulai dari lagu pengiring permainan Pok Ane yang sebelumnya cuma sekadar komplemen, sekarang menjadi nyayian yang dipenuhi oleh arti dan makna kebanggaan untuk Allah. Adat Islam ini juga mengubah sebagian gerakan tari saman mulai dari gerakan tepukan tangan dan perubahan tempat duduknya.


PENDIRI TARI SAMAN

pola gerakan tari saman

Umumnya tari saman ditampilkan tampa menerapkan iring-iringan dari alat musik, namun menerapkan suara dari para penari saman sendiri serta tepukan tangan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul komponen dada serta pangkal paha mereka sebagai format sinkronisasi juga gerakan menghempaskan badan ke berbagai arah. Tarian ini biasanya dipandu oleh seorang pemimpin yang biasanya disebut dengan nama syekh mirip ya namanya dengan pendiri tari saman adalah Syekh Saman.

Disebabkan kekompakan dan keseragaman formasi serta kecermatan waktu adalah suatu format kewajiban dalam menampakkan gerakana tarian ini, oleh sebab itu para penari saman dituntut supaya mempunyai tingkat konsentrasi yang tinggi serta latihan yang serius supaya dapat menampakkan gerakan tari yang sempurna. Tarian ini lebih terkhusus ditampilkan oleh laki-laki.


Dahulunya tarian ini dilaksanakan dalam acara-acara adat tertentu saja, diantaranya saat ada acara memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad, juga terkhusus dalam konteks masa sekarang, tari saman dipertunjukkan juga dalam acara-acara yang sifatnya resmi, contohnya seperti ada kunjungan tetamu-tetamu antar kabupaten, atau juga saat pembukaan sebuah festival ataupun acara-acara penting lainnya.


MAKNA DAN FUNGSI TARI SAMAN

gerakan tari saman

Tari saman yaitu salah satu media guna untuk menyampaikan pesan, nasihat, atau dakwah. Makna dari tarian ini sendiri mencerminkan sebuah pendidikan, sopan santun, keagamaan, kepahlawanan, kebersamaan dan kekompakan.
Sebelum tari saman dilakukan lebih-lebih dulu akan ada pembukaan atau mukaddimah yang akan dilakukan oleh seorang pemuka agama atau tua cerdik pintar yang mewakili masyarakat setempat yang nantinya akan menyampaikan nasihat-nasihat yang bermanfaat kepada para penonton tari saman.

Syair dan lagu diungkapkan secara bersaman dan berkesinambungan, pemain tari saman terdiri dari laki-laki muda yang menerapkan pakaian adat tempat. Tari saman ini juga dapat dibuat sebagai kancah perlombaan, pentas seni, perlombaan, atau semacamnya. Pengevaluasian nantinya akan dipandang dari kemampuan dari masing-masing peserta dalam dalam meniru lagu, tari, serta gerakan yang diberikan oleh pihak lawan.

Tari saman mempunyai makna sebagai format tingginya rasa sopan santun, kebersamaan, pendidikan, kekompakan, kepahlawanan dari masyarakat Aceh nan religius. Adanya pesan dakwah yang terkandung pada tiap-tiap-tiap-tiap bait syairnya juga menjadi poin tersendiri.

Makna Tari Saman

Diantara pelbagai ragamnya seni tari adat tempat dari pelbagai suku-suku di Indonesia, tari saman ini yaitu salah satu dari sekian banyak tari adat yang tergolong unik. Keunikan tari saman ini tidak cuma nampak dari pada pola gerakan para penarinya, melainkan juga pada keharmonisasian paduan suara dan lagu yang menyertainya.

Tarian saman semulanya hanyalah permainan rakyat Aceh yang bernama Pok Ane, Kemudian datanglah kebudayaan Islam yang masuk ke dalam tempat Gayo, sehingga dua kultur saling berakulturasi. Akibatnya terjadi perubahan pada kultur tari Pok Ane, mulai dari lagu pengiring permainan Pok Ane yang semulanya cuma bersifat sebagai komplemen sekarang menjadi suatu format lagu dengan syair yang penuh dengan makna.




































































Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

TATA RIAS, KOSTUM, dan PENGIRING TARI JAIPONG

1. Tata Rias Tata rias yang digunakan untuk wajah tidak terlalu mencolok namun yang membuat mencolok yaitu mengenakan kebaya w...